Senin, 07 Maret 2016

Berwisata ke Desa Sade Lombok


Apa yang anda pikirkan pertama kali jika mendengar Pulau Lombok? Tentu saja, di pulau ini anda pasti akan mendapati pantai yang indah dan masih sangat alami. Tapi, tahukah anda jika berwisata ke Lombok, anda bisa menikmati berbagai tempat wisata lainnya? Salah satunya ialah berwisata ke Desa Sade Lombok. Desa yang terletak di daerah Mataram selatan ini memang kini menjadi sorotan karena keunikannya sebagai sebuah desa yang mempresentasikan suku sasak Lombok sebagai suku asli pulau tersebut. Lantas, apa keunikan dari Desa Sade Lombok ini?

Wisata Desa Sade Lombok

Hal yang sangat terlihat dari desa tradisional ini ialah rumah adatnya. Rumah adat dari suku sasak di Desa Sade Lombok sangatlah unik. Semuanya terbuat dari bahan alami seperti dinding, atap dan juga lantainya yang tidak biasa karena terbuat dari kotoran sapi. Tapi, hal yang menakjubkan ialah para pengunjung tidak akan mencium bau kotoran sapi di rumah adat suku sasak. Lalu, rumah suku sasak di Desa Sade Lombok ini pun penuh dengan filosofi di dalamnya. Di setiap rumah, biasanya terdapat dua lantai. Lantai pertama yang ada di bawah akan dihuni. Oleh para wanita suku sasak dan biasanya di lantai inipun ada dapur. Sedangkan untul lantai atasnya akan dihuni oleh para lelaki suku sasak atau kepala keluarga.

Uniknya Desa Sade Lombok

Untuk masalah lain seperti sistem atau organisasi dalam masyarakat pun masih memegang teguh warisan sistem tata masyarakat dari para sesepuh suku sasak Desa Sade Lombok. Misalnya masih adanya musyawarah yang ditandai dengan dibangunnya sebuah balai yang cukup luas untuk berkumpul para warga desa. Di tempat inilah para warga melakukan musyawarah tertentu.

Selain itu, jika anda berkunjung ke Desa Sade Lombok, anda juga bisa melihat bagaimana budaya masayarakatnya yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang. Anda bisa melihat bahwa orang di desa ini masih cukup banyak yang memakai sarung sebagi pakaian sehari-harinya. Sehingga bukanlah hal yang aneh jika anda bertemu dengan warga di desa yang memakai sarung.

Kemudian, hal menarik lainnya yang bisa anda dapatkan di Desa Sade Lombok ini ialah tradisi pembuatan kain tenun ikat khas dari suku sasak. Bagi sebagaian dari masyarakat modern, menenun memang termasuk sebagai kegiatan yang menghasilkan kerajinan tangan. Akan tetapi, apa yang diyakini oleh warga desa ini cukup berbeda. Menenun bagi sebagian perempuan suku sasak bukan hanya sekedar hobi ataupun kegiatan yang menghasilkan kerajinan tangan saja, tapi inilah budaya mereka. Dengan menenun, budaya nenek moyang suku sasak akan terus ada. Budaya suku sasak ini tercermin dari berbagai motif kain tenun ikat dari Lombok yang sarat akan filosofi di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar