Selasa, 08 Maret 2016

Pesona Puncak Rinjani yang Memikat Wisatawan

Berbicara mengenai Pulau Lombok, pastinya kita akan membayangkan keindahan wisata alamnya. Apalagi di daerah Taman Nasional Gunung Rinjani dengan puncak Rinjani yang sangat memukau. Keindahannya memang memberikan sebuah hal yang berbeda bagi semua pendaki karena banyak pendapat mengatakan bahwa puncak Gunung Rinjani punya level keindahan lebih dari rata-rata. Gunung Rinjani sendiri merupakan sebuah gunung vulkanik aktif tertinggi nomor dua di Indonesia.

Pesona Puncak Rinjani yang Memikat Wisatawan

Maka dari itu, tak jarang banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang ingin melihat bagaimana pemandangan alam yang ada di gunung vulkanik ini. Pada setiap tahunnya, tercatat telah ada banyak pendaki lokal maupun asing yang berkunjung ke Gunung Rinjani di Lombok ini. Bahkan makin tahun, jumlah pendaki gunung ini makin meningkat. Lalu, ada beberapa tempat menarik di puncak Rinjani yang bisa mengobati rasa lelah setelah melakukan pendakian yang cukup lama dengan medan yang pastinya tidak mudah. Apa saja tempat yang sangat direkomendasikan tersebut? Simak ulasannya pada paragraf berikut.
Tempat pertama yang membuat puncak Rinjani mempunyai daya tarik wisata yang luar biasa adalah Danau Segara Anak. Berbeda dengan gunung lainnya, Gunung Rinjani ini memberikan sebuah suguhan danau yang sangat keren. Bernama Danau Segara Anak di sekitar puncak gunung yang dikelilingi batuan dan tebing yang terbentuk dari peristiwa alam. Untuk sampai ke tempat ini, para pendaki harus melakukan perjalanan yang cukup lama dan melelahkan dari dari pintu gerbang pendakian Gunung Rinjani melalui beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih seperti jalur Torean, Sembalun dan Senaru. 

Objek Wisata di Sekitar Gunung Rinjani

Kemudian, di sekitar Danau Segara Anak, ada tempat yang cukup datar sehingga para pendaki yang ingin bermalam di daerah ini bisa mendirikan tenda disini. Dengan pemandangan alam yang tidak biasa, para pendaki tentu saja akan mendapatkan momen yang tidak terlupakan. Juga, pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing di atas puncak Gunung Rinjani dan berendam air panas mengandung belerang.
Untuk tempat kedua yang bisa para pendaki kunjungi bernama Hulu Sungai Koko Puteq. Hulu sungai yang ada di puncak Rinjani ini berada tidak jauh dari lokasi Danau Segara Anak. Sekitar kurang lebih 150 meter dari danau, hulu sungai ini bisa menjadi salah satu destinasi yang akan menghilangkan penat para pendaki saat berada di puncak Gunung Rinjani. Di hulu sungai ini, para pemdaki dapat menikmati segarnya air gunung di sana.
Selain danau dan juga hulu sungai, di puncak Rinjani pun para pendaki bisa mampir ke beberapa goa disana seperti Goa Susu, Goa Payung, dan Goa Manik. Di Goa Susu sendiri, goa ini dipercaya masyarakat sekitar bisa digunakan sebagai tempat bercermin diri sehingga banyak nenek moyang yang bermeditasi disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar