Rabu, 16 Maret 2016

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu di Bandung


Tangkuban perahu adalah sebuah gunung yang masih aktif di Bandung utara, tepatnya di Cikole, Lembang. Pada tahun 2013 gunung ini meletus, tetapi gunung ini relatif aman untuk dikunjungi. Beberapa tanda masih aktifnya gunung ini adalah adanya gas belerang dan sumber air panas yang mengalir di kaki gunung, di Ciater. Apabila Anda brkunjung ke gunung tangkuban perahu disarankan membawa masker untuk berjaga sebagai penutup mulut menghindari bau gas belerang yang tajam.

Gunung tangkuban perahu memilki tinggi 2.084 di ats permukaan air laut. Gunung tangkuban perahu memiliki suhu 17
C pada siang hari dan ketika malam bisa mencapai suhu 2 C. Karena suhu yang dingin, maka pada saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa membawa sweater dan jaket. Tidak seperti gunung-gunung lainnya, gunung tangkuban perahu memilki puncak yang memanjang dan runcing mirip sebuah perahu terbalik. Di lereng gunung tangkuban perahu tedapat perkebunan teh yang bisa membuat Anda ingin berlama-lama menikmati keindahannya.

Tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi pemotretan untuk foto prewedding, iklan komersial dan juga pengambilan gambar ukuran film. Jika Anda masih merasa belum puas menikmati keindahan gunung tangkuban perahu, Anda bisa bermalam dan melanjutkan pada keesokan harinya. Karena, disekitar wisata terdapat hotel yang bisa Anda pergunakan untuk bermalam. Harganya bervariasi mulai dari tarif yang terjangkau sampai hotel mahal dengan kualitas pelayanan terbaik.
Letusan gunung tangkuban perahu menyebabkan munculnya kawah-kawah di sekitar area gunung. 

Beberapa kawah yang dimiliki gunung tangkuban perahu

Yang pertama, yaitu kawah ratu. Kawah terbesar dari ketiga kawah yang paling terkenal di gunung tangkuban perahu. Untuk menuju ke kawah ratu, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa dilokasi yang akan mengantar Anda ke kawa ratu. Jalan menuju ke kawah ratu tidak begitu sulit, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung.

Anda dapat melihat kawah ratu dari dataran yang lebih tinggi dengan menggunakan pagar pembatas yang terbuat dari kayu untuk menjaga keselamtan wisatawan. Anda bisa menyaksikan pemandangan cantik disni. Pada dasarnya tanah yang berada di sekitar kawah berwarna putih dengan batu-batu berwarna kekuningan karena mengandung belerang. Disekitar lokasi wisata banyak terdapat toko-toko kecil yang menjual berbagai suvenir, seperti topi, syal, sarung tangan, masker dan beberapa kerajinan dari kayu. Disana juga terdapat warung makan yang menjual mie rubus, teh hangat dan ketan bakar. Apabila Anda ingin berkeliling, selain dengan berjalan kaki, bisa juga menggunakan kuda.

Yang kedua, yaitu kawah kupas. Kawah ini berada di sebelah kawah ratu. Untuk mencapai kawah upas, Anda membutuhkan perjuangan karena jalannya terjal dan berpasir. Hal ini yang membuat para wisatawan lebih sedikit berkunjung bila dibandingkan dengan kawah ratu. Selain hal tersebut, kawah upas lebih kecil dan dangkal. Dan yang terakhir, yaitu kawah domas. Merupakan kawah yang berada lebih rendah dari kawah ratu. Kawah domas berbeda dengan kawah ratu yang hanya diperbolehkan melihat dari kejauhan dan dibatasi pagar kayu. Tetapi, di kawah domas ini Anda bisa melihat lebih dekat, bahkan menguji panas kawah dengan merebus telur di sini.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata pantai dhini, semoga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda di akhir pekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar